Mau Punya Bisnis Yang Sukses? Lakukan 5 Langkah Ini

Mau Punya Bisnis Yang Sukses? Lakukan 5 Langkah Ini

 

 

Hi Creativepreneurs, kalian akhirnya sudah memutuskan untuk menjalankan bisnis kalian sendiri? SELAMAT! Sangat berbeda memang menjalankan bisnis sendiri dengan bekerja dengan orang lain, apalagi kalau dengar kata “SUKSES”, sepertinya kata tersebut sangat menyeramkan bukan?

 

logo
Menjalankan bisnis sendiri memang tidak mudah, tidak ada jaminannya kalau kamu akan sukses, tapi dengan menerapkan 5 hal ini sebelum menjalankan bisnis kalian, mudah-mudahan hal ini bisa membantu creativepreneurs untuk mensukseskan bisnis kalian:

 

1. Realistic Ideation

 

Kamu punya ide? Kamu yakin ide kamu cemerlang? Kamu yakin kamu sudah mengerti ide kamu? Creativepreneurs, tahapan ideation adalah tahapan yang sangat krusial dalam memulai perjalanan bisnis kamu. Permasalahan terbesar para creativepreneur pada umumnya adalah ide atau gagasan bisnis yang terlalu general dan tidak mungkin untuk di realisasikan. Oleh karena itu tahapan ideation menjadi sangat penting. Formulasikan ide kamu menjadi sebuah gagasan tertulis dan kemudian lakukan riset terhadap pemikiran ide dan selalu lakukan pendekatan ini:

 

“apakah ide ini adalah ide yang memiliki nilai jual?”

 

2. Validasi

 

Setelah melakukan ideation, tahapan selanjutnya adalah validasi ide bisnis kamu. Tahapan validasi ini adalah tahapan yang kamu lakukan untuk menguji ide kamu sebelum kamu menjalankannya. Kenapa harus melakukan hal ini? Apa sih pentingnya melakukan validasi?

 

Creativepreneur, melakukan validasi terhadap bisnis kamu akan membantu kamu untuk menghindari kesalahan yang sering dilakukan oleh para pebisnis baru, membuang uang untuk memproduksi sesuatu yang tidak diinginkan oleh pasar.

 

3. Business Plan
Setelah kalian yakin bahwa ide bisnis kalian memiliki nilai jual dan kalian telah selesai melakukan validasi pasar terhadap ide bisnis kalian, langkah selanjutnya adalah menyusun Business Plan (rancangan bisnis) terhadap idemu. Menyusun Business Plan memang bukan hal mudah dan cepat. Menyusun business plan memang cenderung membosankan dan membuang waktu. Tapi pada saat kamu menjalankan bisnis kamu, business plan yang kamu buat akan sangat berguna. Analogi sederhananya, Business Plan kamu ibarat sebuah peta yang bisa menunjukkan jalan yang tepat ketika kamu tersasar.

 

4. Team Building and Teamwork
Setelah menyusun business plan, selanjutnya kamu harus mulai mencari partner untuk menjalankan bisnis kamu. Finding the right partner is an issue itself, karena bisa dipastikan creativepreneur, pada saat kamu menjalankan bisnis, kamu akan lebih banyak meluangkan waktu dengan partner bisnis kamu daripada dengan pasangan kamu. Find the right partner, build the right team and work together to achieve your goal.

 

maxresdefault
5. Focus
Setelah semua 4 langkah diatas kamu lakukan, its time to do the work creativepreneur. Fokus dan lakukan seluruh langkah yang sudah kamu rencanakan dalam business plan. Mungkin dalam perjalanannya kedepan kamu akan banyak menemukan hambatan dan rintangan, tapi apabila kamu tetap fokus menjalankan bisnis kamu, percayalah kamu akan menemukan kesuksesan tersebut.

 

e0415b6992e4aa3de338db0000fede1c
Jadi apakah kamu sudah siap menjalankan bisnis kamu?

 

cliff_logo